Besok, Tokoh dan Masyarakat Adat  Gelar Pacuan Kuda “Hus Adat Lailete Peninggalan Leluhur”

  • Bagikan

SINDO-NTT.ID – ROTE NDAO
Hus Adat Lailete “Hus Nde,o” akan digelar Jumat 12 Agustus 2022 sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 77  oleh Tokoh dan Masayarakat Adat Lailete di Desa Tasilo ( sebelumnya Desa Boni ) Kecamatan Loaholu Kab. Rote Ndao Propinsi NTT.

Hus Adat ini sesuai perhitungan “Jalannya bulan “ kebanyakan digelar pada bulan Juli atau Aawal Agustus setiap tahun. Namun untuk tahun ini  kegiatan  di padukan dengan HUT RI ke 77 karena dalam perhitungan waktu bertepatan dengan menjelang HUT RI.

Untuk itu, acara Foti Hus (Pacuan kuda) Adat Lailete digelar Tokoh dan masyarakat Ada setempat sekaligus dalam rangka meriahkan HUT RI ke-77 yang dilaksanakan  selama dua, mulai hari  Kamis 11 sd Jumat 12 Agustus 2022 dan puncaknya pada Jumat 12 Agustus 2022 di Dusun Nde;o Desa Tasilo Kecamatan Loaholu sekitar pukul 10 :00 wita hingga malam.

Baca Juga:  Memasuki Musin Hujan, Direktur PDAM Rote Ndao minta Pelanggan Bersabar 

Kegiatan Hus Adat Lailete ini selain diisi dengan pacuan Kuda ( Foti Limbe/Hus ) untuk merebut Dedeo (Bendera) Hus Adat “ Dedeo Limbe Lailete, Dedeo Leo Kasiok dan dua Dedeo umum lainnya. Rencana kegiatan akan di buka oleh Bupati Rote Ndao Paulina Haning Bullu,SE pada Jumat (12/8/2022).

Baca Juga:  Inilah Rangkaian kegiatan Kunjungan Kerja Ketua DPD RI di Kerajaan Termanu

Untuk diketahui sekilas Limbe / Hus Lailete merupakan pacuan adat, peninggalan Leluhur sejak Ratusan tahun lalu secara turun temurun.

Hus Lailete merupakan kegiatan upacara  ritual adat yang dilakukan oleh masyarakat adat setempat setelah hulu hasil kebun setiap tahun sejak jaman dulu.

Upacara adat yang ditandai dengan Foti Limbe (Pacuan kuda) sebagai bentuk syukuran kepada Tuhan, Lehulur dan alam yang telah memberi  berkat hasil baik kebun, sawah, lontar dan usaha hasil laut yang  di peroleh masyarakat setempat.

Kegiatan Hus selain pacuan (Foti Limbe/Hus) acara lainnya berupa berbagai seni budaya. Baik tarian, Foti, gong, sasando dan kebalai.

Baca Juga:  Proyek Bibit Mangrove Terkesan Tertutup, "Oknum KPHP Rote Ndao Turut Bermain"

Hus Lailete biasanya digelar setiap tahun dan menjadi tontonan unit baik masyarakat lokal maupun para wisatawan asing namun akibat Covid 19 sehingga beberapa tahun terakhir tidak digelar.

Hus ini merupakan aset budaya dan Wisata yang memiliki keunikan khusus dari masyarakat sembilan suku atau Leo di Eks Nusak Lailete ( Ello, Luna Vando, Boluk, Tasioe, Todak Mbauleon, Leseleok dan Leoanak) dan aset budaya daerah khususnya sektor Pariwisata Pemerintah Kab. Rote Ndao.

Untuk nengetahui dari dekat datanglah ke kegiatan Foti Limbe /Hus pada 11 sd 12 Agustus 2022 di Desa Tasilo Kecamatan Loaholu, (Memo)

  • Bagikan